Kiat Sukses Promosi Buku Dengan Menggunakan Kata – Kata Yang
Memikat –
Menjadi seorang penulis juga meski pandai dalam urusan bisnis. Mengapa
demikian? Tentu saja hal tersebut akan sangat berpengaruh pada panjualan buku
yang dilangsungkan.
Pada
dasarnya setiap penulis yang menerbitkan bukunya melalui Jasa Penerbitan seperti JasaPenerbit Indie memang akan sangat terbantu dalam hal publikasi. Akan tetapi
tetap saja penulis memiliki peranan penting dalam mempromosikan karya tulisnya.
Baca Juga : Ingin Menulis Buku Yang Baik dan Benar? Terapkan Strateginya
Perihal
media promosi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan lagi bagi penulis karena
baik media online maupun offline sudah memiliki banyak pilihan tersendiri bagi
penulis. Tentunya diantara dua media tersebut dapat digunakan secara bersamaan.
Namun, ada
hal penting yang tak boleh dilupakan oleh penulis dalam mempromosikan bukunya.
Dimana hal tersebut merupakan pemilihan kata – kata yang akan disusun dalam
kalimat yang meski dibuat semenarik mungkin guna dapat memunculkan minat
pembaca akan buku tersebut.
Disinilah
peranan aktif diri penulis meski dimainkan dengan baik, pemiliha dan penyusunan
kata - kata dalam promosi meski disusun
dengan rapi serta menarik. Nah, dalam hal ini terdapat beberapa kiat sukses
promosi buku dengan menggunakan kata – kata yang memikat :
1.
Pahami audience
Memahami
audience merupakan kiat awal bagi penulis dalam menentukan kata – kata dalam
promosi buku. Dalam hal ini penulis juga harus menetapkan target pembaca dari
buku tersebut agar kata – kata yang digunakan akan lebih mudah dipahami oleh
target pembaca sehingga akan membuat tujuannya akan tercapai dengan baik.
2.
Focus dalam
menggunakan kata
Focus adalah
hal penting yang perlu diterapkan oleh penulis, karena dalam setiap kata yang
digunakan dalam promosi maka cobalah untuk focus dan konsisten dalam menyebutkan
sesuatu hal misalnya kamu, lu, kalian, dan sebagainya. Penggunaan kata yang
menunjukkan orang lain ini merupakan salah satu contoh focus dalam menggunakan
kata promosi jika dari awal menggunakan kamu maka hingga akhir tetap gunakan
kamu. Hal ini terkadang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pembaca yang
membaca promosi buku tersebut.
Baca Juga : Manfaat Menulis Puisi Yang Perlu Diketahui
3.
Jangan
sembarangan
Ketahuilah
bahwa promosi buku bukanlah hal yang dapat dilakukan sembarangan, karena bisnis
merupakan suatu hal yang berharga. Sembarangan maksudnya menyingkat kata,
terlalu banyak menggunakan emoticon serta tidak memperhatikan penggunaan huruf
besar dan kecil.
4.
Melibatkan
emosi audience
Emosi
audience disini dapat dilibatkan dengan memberikan gambaran buku melalui
sinopsisnya, hal ini akan turut serta membawa pembaca akan penasaran akan
cerita yang dimuat dalam buku tersebut lantaran pembaca telah terbawa perasaan
dengan membawa sinopsisnya.
5.
Menjelaskan
keuntungan dan manfaat yang didapatkan
Salah satu
pilihan kata yang disusun menjadi kalimat promosi yang sangat tepat ialah
dengan menjelaskan sisi keuntungan serta manfaat kepada khalayak jika membawa
buku tersebut. Tentunya dalam hal ini penulis dapat menyebutkan secara jelas
tujuan dari penulisan buku tersebut.
6. Menggunakan gambar
Promosi buku
lewat kata – kata yang menarik akan semakin menarik perhatian dengan adanya
sebuah gambar yang menjadi ilustrasinya. Dalam promosi buku tentu saja penulis
dapat menyertakan cover buku tersebut sehingga akan lebih banyak memicu
keinginan penulis untuk membeli buku tersebut.
Baca Juga : Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menulis Berdasarkan Pengalaman Pribadi
Beberapa
dari kiat tersebut merupakan langkah sukses dimana penulis dapat mempromosikan
bukunya dengan menggunakan kata – kata yang tepat dan mampu untuk mendapatkan
lebih banyak perhatian pembaca. Ingatlah bahwa jangan sesekali menyepelehkan
kalimat promosi karena pada dasarnya ia juga memberikan dampak yang luar biasa.
0 komentar:
Post a Comment