Wednesday, June 6, 2018

Kiat Sukses Promosi Buku Dengan Menggunakan Kata – Kata Yang Memikat


Kiat Sukses Promosi Buku Dengan Menggunakan Kata – Kata Yang Memikat – Menjadi seorang penulis juga meski pandai dalam urusan bisnis. Mengapa demikian? Tentu saja hal tersebut akan sangat berpengaruh pada panjualan buku yang dilangsungkan. 


Pada dasarnya setiap penulis yang menerbitkan bukunya melalui Jasa Penerbitan seperti JasaPenerbit Indie memang akan sangat terbantu dalam hal publikasi. Akan tetapi tetap saja penulis memiliki peranan penting dalam mempromosikan karya tulisnya. 

Baca Juga : Ingin Menulis Buku Yang Baik dan Benar? Terapkan Strateginya

Perihal media promosi bukanlah hal yang perlu dikhawatirkan lagi bagi penulis karena baik media online maupun offline sudah memiliki banyak pilihan tersendiri bagi penulis. Tentunya diantara dua media tersebut dapat digunakan secara bersamaan. 

Namun, ada hal penting yang tak boleh dilupakan oleh penulis dalam mempromosikan bukunya. Dimana hal tersebut merupakan pemilihan kata – kata yang akan disusun dalam kalimat yang meski dibuat semenarik mungkin guna dapat memunculkan minat pembaca akan buku tersebut. 

Disinilah peranan aktif diri penulis meski dimainkan dengan baik, pemiliha dan penyusunan kata  - kata dalam promosi meski disusun dengan rapi serta menarik. Nah, dalam hal ini terdapat beberapa kiat sukses promosi buku dengan menggunakan kata – kata yang memikat :
1.     Pahami audience
Memahami audience merupakan kiat awal bagi penulis dalam menentukan kata – kata dalam promosi buku. Dalam hal ini penulis juga harus menetapkan target pembaca dari buku tersebut agar kata – kata yang digunakan akan lebih mudah dipahami oleh target pembaca sehingga akan membuat tujuannya akan tercapai dengan baik. 

2.     Focus dalam menggunakan kata
Focus adalah hal penting yang perlu diterapkan oleh penulis, karena dalam setiap kata yang digunakan dalam promosi maka cobalah untuk focus dan konsisten dalam menyebutkan sesuatu hal misalnya kamu, lu, kalian, dan sebagainya. Penggunaan kata yang menunjukkan orang lain ini merupakan salah satu contoh focus dalam menggunakan kata promosi jika dari awal menggunakan kamu maka hingga akhir tetap gunakan kamu. Hal ini terkadang menjadi pertimbangan tersendiri bagi pembaca yang membaca promosi buku tersebut.


3.     Jangan sembarangan
Ketahuilah bahwa promosi buku bukanlah hal yang dapat dilakukan sembarangan, karena bisnis merupakan suatu hal yang berharga. Sembarangan maksudnya menyingkat kata, terlalu banyak menggunakan emoticon serta tidak memperhatikan penggunaan huruf besar dan kecil.

4.     Melibatkan emosi audience
Emosi audience disini dapat dilibatkan dengan memberikan gambaran buku melalui sinopsisnya, hal ini akan turut serta membawa pembaca akan penasaran akan cerita yang dimuat dalam buku tersebut lantaran pembaca telah terbawa perasaan dengan membawa sinopsisnya. 

5.     Menjelaskan keuntungan dan manfaat yang didapatkan
Salah satu pilihan kata yang disusun menjadi kalimat promosi yang sangat tepat ialah dengan menjelaskan sisi keuntungan serta manfaat kepada khalayak jika membawa buku tersebut. Tentunya dalam hal ini penulis dapat menyebutkan secara jelas tujuan dari penulisan buku tersebut. 

6.      Menggunakan gambar
Promosi buku lewat kata – kata yang menarik akan semakin menarik perhatian dengan adanya sebuah gambar yang menjadi ilustrasinya. Dalam promosi buku tentu saja penulis dapat menyertakan cover buku tersebut sehingga akan lebih banyak memicu keinginan penulis untuk membeli buku tersebut.

Baca Juga : Hal Penting Yang Harus Diperhatikan Menulis Berdasarkan Pengalaman Pribadi

Beberapa dari kiat tersebut merupakan langkah sukses dimana penulis dapat mempromosikan bukunya dengan menggunakan kata – kata yang tepat dan mampu untuk mendapatkan lebih banyak perhatian pembaca. Ingatlah bahwa jangan sesekali menyepelehkan kalimat promosi karena pada dasarnya ia juga memberikan dampak yang luar biasa.

0 komentar:

Post a Comment